Perusahaan sengaja menghindari persyaratan yang dianggap sulit seperti tehnik statistik dalam menjalankan ISO 9001

101 Kesalahan Konsepsi - Pengembangan dan Implementasi Sistem Manajemen Mutu Standar Internasional ISO 9001

Poin 92 : "Perusahaan sengaja menghindari persyaratan yang dianggap sulit seperti tehnik statistik dalam menjalankan ISO 9001"


"OSeseorang tidak akan menemukan lautan samudra sampai ia memiliki keberanian untuk kehilangan pemandangan pantai"

     Kata statistik kedengarannya begitu menakutkan, yang terbayang barangkali rumus-rumus matematik yang rumit dan susah dimengerti, akibatnya tehnik-tehnik statistik yang sebetulnya yang sangat diperlukan dalam menjalankan pengendalian mutu tidak digunakan.
     Statistik bukan matematik. Matematik bicara kepastian, sementara statistik bicara soal ketidakpastian sebagai pendekatan menuju kepastian. Statistik adalah suatu pendekatan dalam mengolah dan menganalisa data sebagai pendekatan untuk mengambil keputusan.
     Aplikasi statistik dimulai dari teknik mengumpulkan data, dilanjutkan dengan pengolahan, penyajian, interpretasi, diseminasi dan pemanfaatan untuk berbagai keperluan, misalnya pengendalian atau perbaikan proses. Contoh aplikasi tehnik statistik adalah pembuatan peta pengendalian proses yaitu suatu peta grafik yang menunjukan batas kendali atas dan batas kendali bawah serta harga rata-rata dari suatu output proses. Dengan menggunakan alat bantu itu, kinerja proses dapat diditeksi sejak dini dan terus menerus, sehingga bila terjadi penyimpangan dapat secepatnya terditeksi dan diperbaiki.

Info Training ISO 9001, 14001 dan 45001 kunjungi website : www.multikompetensi.com

Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Perusahaan sengaja menghindari persyaratan yang dianggap sulit seperti tehnik statistik dalam menjalankan ISO 9001"