Unit pengendali mutu dianggap paling bertanggung jawab terhadap kegagalan atau keberhasilan menjalankan ISO 9001

101 Kesalahan Konsepsi - Pengembangan dan Implementasi Sistem Manajemen Mutu Standar Internasional ISO 9001



Poin 91 : "Unit pengendali mutu dianggap paling bertanggung jawab terhadap kegagalan atau keberhasilan menjalankan ISO 9001"




"Orang yang paling miskin di dunia ini bukanlah mereka yang tidak punya uang di sakunya, melainkan mereka yang tidak punya visi dalam hidupnya"





     Mutu adalah tanggung jawab semua departemen dan semua personil pada semua tingkatan dalam organisasi. 

          Bila ada persepesi bahwa unit pengendali mutu adalah yang paling bertanggung jawab atas keberhasilan atau kegagalan menjalan sistem manajemen mutu, itu menandakan belum mapannya pemahaman mengenai konsepsi mutu. Mutu menjadi tanggung jawab bersama dan merupakan program lintas fungsi. Mutu tidak bisa tercapai hanya oleh unit pengendali mutu saja. Kegagalan pada unit produksi misalnya saja tidak selalu mencerminkan persoalan yang ada pada unit produksi. Bisa saja kegagalan di unit produksi karena bahan yang digunakan salah. Bahan salah bisa saja karena bagian pembelian membelinya salah dan seterusnya.

          Untuk menghasilkan mutu yang baik sesuai dengan yang telah direncanakan diperlukan koordinasi lintas fungsi dan lintas hirarki dimana unit pengendali mutu dapat menjadi unit independen yang dibebani tugas untuk mengkoordinasikan semua kegiatan dan semua posisi yang perlu dilibatkan agar sasaran yang direncanakan dapat tercapai.

Info Training ISO 9001, 14001 dan 45001 kunjungi website : www.multikompetensi.com
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Unit pengendali mutu dianggap paling bertanggung jawab terhadap kegagalan atau keberhasilan menjalankan ISO 9001"