Assessor yang dikirim oleh badan sertifikasi diterima begitu saja tanpa pernah dilakukan verifikasi

101 Kesalahan Konsepsi - Pengembangan dan Implementasi Sistem Manajemen Mutu Standar Internasional ISO 9001

Poin 93 : "Assessor yang dikirim oleh badan sertifikasi diterima begitu saja tanpa pernah dilakukan verifikasi"

"Semua penemuan besar yang pernah terjadi di muka bumi berawal dari sebuah impian yang diwujudkan menjadi kenyataan"

     Apakah setiap badan sertifikasi pasti memiliki assessor qualified. Tidak...... sebagai auditor, karena misalnya sedang dalam tahap belajar atau karena memang tidak berbakat menjadi auditor. Apa akibatnya bagi perusahaan bila audit dilakukan oleh auditor tidak kompeten? Perusahaan tidak memperoleh manfaat, malah sebaliknya auditornya yang banyak belajar dari perusahaan.

     Karena itu wakil manajemen perlu bersikap kritis terhadap badan sertifikasi. Caranya? Pertama mintalah informasi mengenai biodata assessor sebelum pelaksanaan audit untuk menilai kualifikasi auditor. Bila dipandang tidak sesuai karena misalnya auditor masih terlalu junior, atau disewa dari perusahaan yang merupakan kompetitor, maka sebaiknya minta diganti. Adalah hak perusahaan untuk menolah auditor yang dinilai merugikan perusahaan.

     Perlu diingat bahwa perusahaan adalah pelanggan yang membeli dua jasa. Pertama adalah pelanggan yang membeli dua jasa pemeriksaan yang dilakukan oleh auditor setiap enam bulan sekali. Untuk yang terakhir ini, perusahaan harus bisa memastikan bahwa setiap kali diaudit perusahaan memperoleh manfaat nyata.

Info Training ISO 9001, 14001 dan 45001 kunjungi website : www.multikompetensi.com


Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Assessor yang dikirim oleh badan sertifikasi diterima begitu saja tanpa pernah dilakukan verifikasi"