Perusahaan tidak pernah mengkaji adakah manfaat sertifikat ISO 9001

101 Kesalahan Konsepsi - Pengembangan dan Implementasi Sistem Manajemen Mutu Standar Internasional ISO 9001

Poin 100 : "Perusahaan tidak pernah mengkaji adakah manfaat sertifikat ISO 9001"

"Jangan menjadi besar dengan mengecilkan orang lain, menjadi bahagia dengan menyusahkan orang lain, menjadi kaya dengan memiskinkan orang lain"


     Apakah sertifikat ISO 9001 sungguh-sungguh bermanfaat bagi perusahaan? Apakah perusahaan telah melakukan pengkajian? Bila dikaji ternyata banyak manfaatnya ya teruskan . Tapi kalau manfaatnya tidak ada atau tidak seimbang dengan sumberdaya yang dikorbankan, untuk apa menggantung sertifikat itu di dinding dan menghamburkan uang untuk mempertahankan selembar kertas yang tidak ada manfaatnya?


     Bolehkah perusahaan menanggalkan sertifikat dan memutuskan hubungan dengan badan sertifikasi? Boleh saja. Setiap saat bila dirasakan tidak ada manfaatnya.Beritahu badan sertifikasi. Katakan bahwa perusahaan tidak akan perpanjang sertifikat. Apakah perusahaan masih dapat dikatakan menerapkan ISO 9001 tanpa sertifikat? Sistemnya tetap dijalankan seperti biasa Bedanya hanya tidak ada audit eksternal dan perusahaan tidak lagi berhak menggunakan logo sertifikat.

     Suatu ketika bila sertifikat diperlukan lagi karena adanya persyaratan dari pelanggan, maka sertifikasi bisa diajukan kembali. Prosesnya cepat, paling lama dua atau tiga hari selesai. Dengan strategi atau pendekatan ini, perusahaan tidak diberatkan dengan biaya sertifikasi yang cukup mahal, khususnya bagi perusahaan yang tidak kuat secara finansial.

Sumber : Buku "101 Kesalahan Konsepsi - Pengembangan dan Implementasi Sistem Manajemen Mutu Standar Internasional ISO 9001" By WIlly Susilo

Info Training ISO 9001, 14001 dan 45001 kunjungi website : www.multikompetensi.com

info training : Training ISO 9001
Share this article :
+
Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Perusahaan tidak pernah mengkaji adakah manfaat sertifikat ISO 9001"