Penerapan ISO 9001 dipersepsikan hanya sebagai kegiatan administratif dan penataan arsip

101 Kesalahan Konsepsi - Pengembangan dan Implementasi Sistem Manajemen Mutu Standar Internasional ISO 9001

Poin 98 : "Penerapan ISO 9001 dipersepsikan hanya sebagai kegiatan administratif dan penataan arsip"

"Bukan posisi yang menjadikan seseorang pemimpin, justru kepemimpinannyalah yang membuat posisi tersebut"


     ISO 9001 adalah standar manajemen mutu yang cukup baik. Ia dapat membantu menata proses bisnis secara sistematis, terarah dan efektif.
   Dalam proses bisnis memang diperlukan administrasi dan sistem kearsipan. Tetapi administrasi dan kearsipan tidak lebih penting dari proses-proses lainnya yang bermuara pada penciptaan laba dan kepuasan pelanggan. Administrasi dan kearsipan bukan tidak penting, bahkan terkait dengan pelanggan. Tetapi ada yang lebih penting. Administrasi dan kearsipan dalam manajemen mutu tidak boleh diabaikan, tetapi juga tidak selayaknya perusahaan menghamburkan sumberdaya untuk menata administrasi dan kearsipan. Keduanya harus diposisikan sebagai pendukung bisnis. Dan ini memang dipersyaratkan dalam ISO 9001.
     Standar mengatakan bahwa arsip harus disediakan dan dipelihara untuk memberikan bukti kesesuaian terhadap persyaratan dan keefektifan implementasi sistem manajemen mutu. Arsip harus mudah dipahami dan ditelusuri. Prosedur sistem kearsipan harus dibuat yang menjelaskan tatalaksana identifikasi, penyimpanan, proteksi, penelusuran, masa retensi dan disposisi.


Info Training ISO 9001, 14001 dan 45001 kunjungi website : www.multikompetensi.com


Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Penerapan ISO 9001 dipersepsikan hanya sebagai kegiatan administratif dan penataan arsip"