Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 dijalankan dengan berbagai manipulasi

101 Kesalahan Konsepsi - Pengembangan dan Implementasi Sistem Manajemen Mutu Standar Internasional ISO 9001

Poin 99 : "Sistem manajemen mutu ISO 9001 dijalankan dengan berbagai manipulasi"

"Selama Anda membohongi diri sendiri, Anda akan berbohong pula kepada orang lain"

     Adalah suatu keputusan yang salah bila perusahaan mengadopsi ISO 9001 dengan pendekatan manipulatif. Terlalu besar kerugian yang harus dipikul oleh perusahaan yang menjalankan sistem manajemen mutu dengan cara seperti itu. Apa saja kerugiannya?

     Pertama telah terjadi proses pembodohan terhadap personil perusahaan. Kedua perusahaan telah menghamburkan sumberdaya dengan sia-sia. Ketiga perusahaan telah merusak citra perusahaan sendiri dan citra ISO 9001 sebagai standar dunia. Lalu bagaimana bila perusahaan telah terlanjur mengembangkan standar dengan pendekatan rekayasa? Secepatnya melakukan satu tindakan berdasarkan dua pilihan berikut. Pertama putuskan hubungan dengan badan sertifikasi dan kembali saja ke kebiasaan semula. Ini jauh lebih baik karena paling tidak perusahaan tidak memboroskan dana untuk membayar badan sertifikasi dan menjalankan sandiwara dengan biaya mahal. Kedua segera lakukan transformasi dari budaya rekayasa menuju ke pembangunan mekanisme bisnis yang profesional. Untuk pilihan yang kedua memang tidak mudah. Tapi itulah tindakan yang terbaik. Bila pimpinan perusahaan memiliki moral profesional yang tinggi pasti tidak akan membiarkan praktek pembodohan terjadi di lingkungan organisasi.

     Bukanlah organisasi bisnis juga merupakan bagian dari wadah pencerdasan kehidupan bangsa. Selamat mencoba dan katakan dengan keyakinan. Kami mampu, kami bisa.

Sumber : Buku "101 Kesalahan Konsepsi - Pengembangan dan Implementasi Sistem Manajemen Mutu Standar Internasional ISO 9001" By WIlly Susilo

Info Training ISO 9001, 14001 dan 45001 kunjungi website : www.multikompetensi.com

info training : Training ISO 9001
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 dijalankan dengan berbagai manipulasi"