Model sistem manajemen mutu dibuat terlalu umum sehingga tidak ada keunikan yang mengandung nilai differensiasi

101 Kesalahan Konsepsi - Pengembangan dan Implementasi Sistem Manajemen Mutu Standar Internasional ISO 9001

Poin 97 : "Model sistem manajemen mutu dibuat terlalu umum sehingga tidak ada keunikan yang mengandung nilai differensiasi"

"Jadilah dirimu sendiri, karena itulah anugerah Tuhan yang terbaik"

     ISO 9001 tidak bermaksud menyeragamkan sistem manajemen mutu pada semua perusahaan. Standar hanya memuat persyaratan yang bersifat umum dan sebagian malah sangat universal. Dalam istilah lain dapat diilustrasikan bahwa standar hanyalah sebuah koridor manajemen mutu, dimana hal-hal spesifik dan bersifat teknis tidak diatur di dalamnya.

     Orientasi utama dan pertama dalam mengembangkan sistem manajemen mutu karenanya lebih menekankan pada tujuan yang ingin dicapai bukan mengikuti standar secara kaku.

     Karenanya pendekatan dalam pengembangan hendaknya dilakukan secara selektif. Persyaratan yang mengandung nilai penting dikembangkan secara maksimal dan yang tidak mengandung nilai signifikan dikembangkan dengan pendekatan normatif saja. Sejauh persyaratan-persyaratan normatif telah cukup dipenuhi, selebihnya perusahaan bebas untuk menciptakan differensiasi atau kreasi secara unik sehingga menghasilkan sistem yang dapat memberi kontribusi nilai paling optimal bagi perusahaan.


Info Training ISO 9001, 14001 dan 45001 kunjungi website : www.multikompetensi.com


Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Model sistem manajemen mutu dibuat terlalu umum sehingga tidak ada keunikan yang mengandung nilai differensiasi"