Adanya pemahaman bahwa sistem manajemen mutu yang telah didokumentasikan dan disahkan tidak boleh dirubah lagi

101 Kesalahan Konsepsi - Pengembangan dan Implementasi Sistem Manajemen Mutu Standar Internasional ISO 9001

Poin 96 : "Adanya pemahaman bahwa sistem manajemen mutu yang telah didokumentasikan dan disahkan tidak boleh dirubah lagi"

"Bermimpilah gagasan-gagasan besar karena seseorang tidak perlu membayar untuk memimpikan sesuatu rencana yang besar"

     Dalam kehidupan tidak ada yang sifatnya abadi, kecuali perubahan. Demikian halnya dengan sistem manajemen mutu ISO 9001 akan terus mangalami perubahan secara dinamis karena berbagai faktor penyebab. 

     Pertama karena kebutuhan, persyaratan, harapan dan persepsi pelanggan terus berubah. Perubahan itu akan memicu perubahan kebijakan, strategi dan persyaratan proses internal perusahaan. Perubahan tidak harus berasal dari keluhan atau tuntutan pelanggan. Pimpinan perusahaan dapat menggalang semangat inovatif secara proaktif untuk menggerakan prakarsa melakukan berbagai perubahan. Perubahan harus dilihat sebagai kesempatan menggali nilai tambah, bukan sebagai beban.

     Dengan demikian perubahan dapat dilakukan setiap saat kapan saja dalam hal apa saja melibatkan siapa saja, untuk tujuan apa saja asal bermuara pada penciptaan nilai termasuk tentu saja kepuasan pelanggan yang menjadi orientasi utama dan pertama manajemen mutu.

Info Training ISO 9001, 14001 dan 45001 kunjungi website : www.multikompetensi.com


Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Adanya pemahaman bahwa sistem manajemen mutu yang telah didokumentasikan dan disahkan tidak boleh dirubah lagi"