Data base pelanggan tidak dikelola secara efektif dan tidak pula dimanfaatkan secara kreatif

101 Kesalahan Konsepsi - Pengembangan dan Implementasi Sistem Manajemen Mutu Standar Internasional ISO 9001

Poin 95 : "Data base pelanggan tidak dikelola secara efektif dan tidak pula dimanfaatkan secara kreatif"

"Rahasia sukses dalam hidup ini adalah siap ketika kesempatan datang"

     Perusahaan tidak bisa tidak memerlukan informasi selengkap mungkin tentang profil setiap pelanggannya. Karena itu diperlukan database pelanggan. Informasi apa saja yang perlu dimiliki? Semakin lengkap informasi yang termuat dalam database akan semakin baik. Umumnya data base pelanggan memuat informasi alamat perusahaan, personil yang terkait dalam proses pembelian, misalnya siapa pemakai produk, siapa inisiator pembelian, gate keeper, influencer, penilai, pengambil keputusan dan pelaksana pembelian dan informasi historis transaksi dengan pelanggan.
     Salah satu pendekatan untuk mengelompokan pelanggan adalah berdasarkan kategori nilai transaksi. Dari pengelompokan itu dapat diketahui misalnya mana pelanggan yang dikategorikan sebagai tambang emas, kontributor profit terbesar, mana pelanggan kategori sedang dan mana yang kecil, sehingga penanganan pelanggan dapat dilakukan secara tepat dan cepat sehingga pada gilirannya terjadi dampak yang diharapkan yaitu mencegah pelanggan lari karena sudah merasa dipuaskan. 
     Dari situlah diharapkan terjadinya repeat order, promosi gratis, peningkatan volume penjualan serta ujung-ujungnya adalah memperlancar arus uang masuk ke kas perusahaan.

Info Training ISO 9001, 14001 dan 45001 kunjungi website : www.multikompetensi.com


Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Data base pelanggan tidak dikelola secara efektif dan tidak pula dimanfaatkan secara kreatif"