Keputusan mengadopsi standar ISO 9001 tidak didasari alasan yang jelas

101 Kesalahan Konsepsi - Pengembangan dan Implementasi Sistem Manajemen Mutu Standar Internasional ISO 9001


Poin 90 : "Keputusan mengadopsi standar ISO 9001 tidak didasari alasan yang jelas"



"Cara seseorang menilai orang lain mencerminkan ciri kepribadian dirinya"



     Apakah ada alasan spesifik yang melatar-belakangi mengapa perusahaan memutuskan mengadopsi ISO 9001? Apakah alasan itu telah dipahami dengan baik oleh si pengambil-keputusan. Apakah keputusan itu telah disosialisasikan kepada seluruh jabatan pimpinan dan karyawan agar dimengerti sehingga memperoleh dukungan? Mengapa ini perlu dipertanyakan? Karena ketidak jelasan tujuan akan membuat pelaku sistem tersesat di tengah jalan dan sistem akan berakhir dengan kegagalan. Perlu disadari oleh semua pihak bahwa ISO 9001 sebagai alat bisnis lebih mudah gagal ketimbang berhasil.


     Karena itu diperlukan sikap hati-hati. Idealnya perusahaan tidak cepat-cepat mengembangkan apalagi menerapkannya sebelum memahami seluk beluk sistem yang mau dibangun. Ibarat ingin membangun sebuah rumah, perlu perhitungan dan perencanaan matang dan cermat agar tidak terjadi kesalahan perhitungan yang pada akhirnya hanya akan menimbulkan kerugian.

     Sekali lagi perlu ditekankan bahwa perusahaan harus sangat jelas dengan tujuan yang mau dicapai sebelum melangkah lebih jauh. Mau diarahkan kemanapun tidak ada masalah asalkan satu prinsip utama yakni kepuasan pelanggan dan peningkatan kinerja organisasi secara keseluruhan tetap menjadi orientasi.

Sumber : Buku "101 Kesalahan Konsepsi - Pengembangan dan Implementasi Sistem Manajemen Mutu Standar Internasional ISO 9001" By WIlly Susilo


Info Training ISO 9001, 14001 dan 45001 kunjungi website : www.multikompetensi.com

info training : Training ISO 9001Training ISO 14001:2015Training ISO 45001:2018
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Keputusan mengadopsi standar ISO 9001 tidak didasari alasan yang jelas"