Sistem manajemen mutu diabdikan untuk badan sertifikasi bukan sebagai alat manajemen untuk memperbaiki kinerja perusahaan

101 Kesalahan Konsepsi - Pengembangan dan Implementasi Sistem Manajemen Mutu Standar Internasional ISO 9001

Poin 77 : "
Sistem manajemen mutu diabdikan untuk badan sertifikasi bukan sebagai alat manajemen untuk memperbaiki kinerja perusahaan"

"Kegagalan adalah anak tangga untuk menuju puncak prestasi"

     Kedengerannya aneh. Tapi itulah fakta berbicara. Ada perusahaan yang menjalankan sistem manajemen mutu bukan untuk menjawab tantangan bisnis. tetapi dibuat untuk badan sertifikasi. Untuk selembar sertifikat. Sistem dijalankan hanya menjelang audit. ibarat mempersiapkan suatu ruwatan. Si Ani bertanggung jawab ini. Karyawan diminta menghafal isi kebijakan mutu. Kondisi semrawut disulap dalam sekejab menjadi seakan-akan terkendali. Semua dilakukan hanya untuk ditunjukan kepada auditor. Usai audit segala sesuatunya kembali seperti semula. Tidak ada sistem.
     Menjalankn sistem manajemen mutu yang baik bukan seperti mempersiapkan sebuah pesta ulang tahun. Sistem manajemen mutu harus dibuat alami. Semua berjalan apa adanya. Tidak perlu ada persiapan khusus. Keadaan terkendali bukan karena akan diaudit, tetapi karena memang sudah seharusnya teratur da terkendali. Bukan pada saat kedatangan auditor saja tetapi untuk seterusnya. Karyawan tidak perlu diminta menghafal isi kebijakan mutu, yang perlu adalah bagaimana karyawan menerapkan isi kebijakan mutu pada pekerjaan sehari-hari. Saat auditor datang, semua karyawan bekerja seperti biasa. Tidak perlu ada formasi khusus. Semua proses berjalan mengikuti sistem yang telah dibangun. Arsip tidak perlu dikeluarkan. Tidak perlu ada yang disembunyikan. Tidak perlu memasang orang khusus agar bisa menjawab dengan benar pertanyaan auditor. Be natural. Tidak perlu takut. Karena memang tidak ada yang perlu ditakutkan. Sertifikat dicabut? Tidak usah kuatir. Badan sertifikasi tidak bodoh. Sertifikat tidak akan pernah dicabut kecuali satu hal perusahaan tidak membayar kewajiban.

Sumber : Buku "101 Kesalahan Konsepsi - Pengembangan dan Implementasi Sistem Manajemen Mutu Standar Internasional ISO 9001" By WIlly Susilo


Info Training ISO 9001, 14001 dan OHSAS 18001 kunjungi website : www.multikompetensi.com

info training : Training ISO 9001
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Sistem manajemen mutu diabdikan untuk badan sertifikasi bukan sebagai alat manajemen untuk memperbaiki kinerja perusahaan"