Pelatihan dianggap pemborosan sehingga hanya diberikan kepada satu dua orang saja

101 Kesalahan Konsepsi - Pengembangan dan Implementasi Sistem Manajemen Mutu Standar Internasional ISO 9001

Poin 78 : "
Pelatihan dianggap pemborosan sehingga hanya diberikan kepada satu dua orang saja"

"Orang dinilai bukan dari apa yang ia miliki melainkan dari apa yang ia berikan untuk membantu orang lain"

     Menjalankan sistem manajemen mutu diawali dengan pelatihan dan berakhir dengan pelatihan. artinya pelatihan tidak pernah berhenti. bukan hanya untuk satu dua orang, melainkan semua personil yang pekerjaannya memengaruhi mutu dan kepuasan pelanggan. pelatihan tidak untuk membuat karyawan pintar, melainkan untuk membuat setiap karyawan memiliki ilmu pengetahuan, kemampuan dan sikap yang diperlukan untuk menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sesuai rancangan sistem. Pelatihan tidak harus dalam kelas dan bersifat formal. Pelatihan dapat dijalankan dimana saja, kapan saja dalam bentuk kegiatan apa saja dan dilatih oleh siapa saja termasuk oleh atasan langsung.
     Pelatihan diawali dengan analisa kesenjangan kompetensi melalui berbagai pendekatan misalnya memanfaatkan hasil penilaian prestasi kerja, mengacu pada rencana pengembangan usaha, hasil audit, rencana aplikasi teknologi baru, hasil analisa pekerjaan, keluhan pelanggan dsb. Berdasarkan kebutuhan yang telah diidentifikasi, tujuan pelatihan dirumuskan secara spesifik dan terukur. dilanjutkan pembuatan program, metoda pelatihan serta alat bantu pelatihan. Akhirnya pelatihan harus dibukti-kan melalui pelaksanaan pekerjaan dan kinerja.
     Satu hal yang perlu diingat bahwa yang paling bertanggung jawab terhadap pembinaan personil atau bawahan adalah atasan. Sementara unit pelatihan adalah sebagai pendukung untuk memfasilitasi kebutuhan setiap unit dalam upaya mengisi kompetensi yang diperlukan.

Sumber : Buku "101 Kesalahan Konsepsi - Pengembangan dan Implementasi Sistem Manajemen Mutu Standar Internasional ISO 9001" By WIlly Susilo


Info Training ISO 9001, 14001 dan OHSAS 18001 kunjungi website : www.multikompetensi.com

info training : Training ISO 9001
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Pelatihan dianggap pemborosan sehingga hanya diberikan kepada satu dua orang saja"