Melakukan tindakan koreksi tanpa melakukan tindakan pencegahan adalah kebiasaan yang tidak sesuai dengan prinsip mutu

101 Kesalahan Konsepsi - Pengembangan dan Implementasi Sistem Manajemen Mutu Standar Internasional ISO 9001

Poin 76 : "
Melakukan tindakan koreksi tanpa melakukan tindakan pencegahan adalah kebiasaan yang tidak sesuai dengan prinsip mutu"

Kegagalan di hari kemarin tidak berarti seseorang pasti gagal lagi di hari esok"

     Tindakan koreksi adalah tindakan awal untuk menghilangkan fenomena dari suatu kondisi yang tidak diinginkan. Kondisi yang tidak diinginkan adalah masalah. misalnya penyimpagan berat pada produk akhir. setelah penyimpangan dikoreksi selanjutnya pelru dianalisa secara lebih teliti untuk menggali akar penyebab yang paling dalam. bila akar penyebab telah dapat diidentifikasi maka selanjutnya dipikirkan alternatif cara yang paling efektif untuk mencegah terulangnya masalah yang sama. tindakan koreksi dan tindakan pencegahan idealnya dilakukan bersamaan terhadap suatu masalah. Contoh tindakan pencegahan pada contoh kasus di atas misalnya melakukan kalibrasi secara berkala terhadap mesin pergantongan dan menyediakan prosedur untuk pemeliharaan preventif.
     Apa yang dikatakan standar tentang perbaikan? perusahaan harus mengambil langkah-langkah untuk mengeliminasi penyebab terjadinya ketidaksesuaian agar masalah yang sama tidak terulang kembali. Tindakan yang diambil haruslah sesuai dengan dampak yang ditimbulkan.
     Apa yang dikata standar tentang pencegahan? Perusahaan harus memastikan langkah-langkah yang diambil untuk menghilangkan penyebab ketidak-sesuaian untuk mencegah terulangnya masalah yang sama. Tindakan pencegahan yang diambil haruslah sesuai dengan dampak potensi yang ditimbulkan.

Sumber : Buku "101 Kesalahan Konsepsi - Pengembangan dan Implementasi Sistem Manajemen Mutu Standar Internasional ISO 9001" By WIlly Susilo



Info Training ISO 9001, 14001 dan OHSAS 18001 kunjungi website : www.multikompetensi.com

info training : Training ISO 9001


Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Melakukan tindakan koreksi tanpa melakukan tindakan pencegahan adalah kebiasaan yang tidak sesuai dengan prinsip mutu"