Masalah telah diidentifikasi namun tidak ditindak-lanjuti hingga tuntas

101 Kesalahan Konsepsi - Pengembangan dan Implementasi Sistem Manajemen Mutu Standar Internasional ISO 9001

Poin 80 : "
Masalah telah diidentifikasi namun tidak ditindak-lanjuti hingga tuntas"

"Orang yang menghargai waktu, tahu bagaimana ia akan menggunakan waktunya untuk kebaikan"

     Masalah adalah suatu kondisi yang tidak diinginkan. Masalah dapat diidentifikasi melalui berbagai kegiatan seperti audit internal, tinjauan manajemen, analisa data, survei dan sebagainya.
     Dari paradigma positif, masalah adalah potensi nilai. Karenanya semakin banyak masalah bisa diidentifikasi semakin besar potensi nilai dapat digali. Namun potensi nilai tidak akan pernah terealisasi bila berhenti hanya sampai pada identifikasi. Masalah harus dipecahkan atau diselesaikan hingga tuntas dan memberi nilai. Seringkali sumber daya yang telah dikorbankan untuk mengidentifikasi suatu masalah sangat besar. Coba bayangkan berapa biaya untuk mengkader auditor internal, berapa gaji seorang auditor, berapa waktu yang terbuang untuk melaksanakan proses audit. Tetapi mengapa setelah masalah ditemukan dan dilaporkan kepada auditee tidak ditindak-lanjuti hingga tuntas? Bukankah itu ibarat orang sakit pergi ke dokter dapat resep, obatnya tidak ditebus lalu mengharapkan kesembuhan.
     Adakah cara efektif untuk mendorong orang melakukan perbaikan? lagi-lagi tergantung atasan dan kepemimpinannya. Semakin baik kadar kepemimpinan atasan akan semakin aktif peran karyawan dalam perbaikan.

Sumber : Buku "101 Kesalahan Konsepsi - Pengembangan dan Implementasi Sistem Manajemen Mutu Standar Internasional ISO 9001" By WIlly Susilo



Info Training ISO 9001, 14001 dan 45001 kunjungi website : www.multikompetensi.com

info training : Training ISO 9001
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Masalah telah diidentifikasi namun tidak ditindak-lanjuti hingga tuntas"