Audit internal dan tinjauan manajemen dijalankan setahun sekali

101 Kesalahan Konsepsi - Pengembangan dan Implementasi Sistem Manajemen Mutu Standar Internasional ISO 9001

Poin 82 : "
Audit internal dan tinjauan manajemen dijalankan setahun sekali"

"Orang-orang yang berhasil menyadari sepenuhnya bahwa waktu lebih berharga daripada uang"

     Interval audit internal dan frekuensi tinjauan manajemen memang bebas ditentukan sendiri oleh perusahaan. Tetapi waktu dua belas bulan adalah terlalu lama untuk suatu kegiatan yang sangat dinamis, penuh dengan perubahan. Dalam setahun pasti telah banyak sekali permasalahan tertumpuk yang memerlukan pembahasan dan penuntasan secepatnya.
     Idealnya Interval audit internal dan tinjauan manajemen adalah tiga bulan sekali minimal. Kata minimal berarti kegiatan itu dapat dilakukan lebih sering bila dipandang perlu. Misalnya kalau terjadi kasus-kasus serius yang memerlukan pembahasan yang melibatkan pimpinan lintas fungsi atau karena adanya rencana perubahan sistem akibat perubahan persyaratan yang diminta pelanggan dan sebagainya.
     Dalam lingkungan bisnis yang dinamis dan sangat fluktuatif, fungsi audit dan evaluasi seharusnya semakin sering dilakukan agar semua permasalahan yang membutuhkan penanganan serius dapat secepatnya diidentifikasi sehingga perusahaan tidak terlambat mengambil tindakan korektif.

Sumber : Buku "101 Kesalahan Konsepsi - Pengembangan dan Implementasi Sistem Manajemen Mutu Standar Internasional ISO 9001" By WIlly Susilo


Info Training ISO 9001, 14001 dan 45001 kunjungi website : www.multikompetensi.com

info training : Training ISO 9001
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Audit internal dan tinjauan manajemen dijalankan setahun sekali"