Pimpinan tidak memberikan contoh komitmen, semangat dan kepedulian dalam menjalankan sistem manajemen mutu

101 Kesalahan Konsepsi - Pengembangan dan Implementasi Sistem Manajemen Mutu Standar Internasional ISO 9001

Poin 84 : "
Pimpinan tidak memberikan contoh komitmen, semangat dan kepedulian dalam menjalankan sistem manajemen mutu"

"Pemimpin sejati bukan hanya sekedar memegang posisi tetapi juga kekuasaan, keteladanan dan semangatnya"

     Sistem boleh dirancang oleh konsultan kaliber dunia seklaipun, namun bila pimpinan tidak memberikan contoh komitmen, semangat dan kepedulian pada tahap implementasi, maka sudah bisa dipastikan sistem manajemen mutu tidak akan efektif.
     Sistem akan tampak bagus di atas kertas, tapi implementasinya nol besar. Keteladanan pimpinan mutlak diperlukan. Bila atasan ingin agar bawahan peduli, maka atasan menginginkan bawahan aktif, maka atasan harus memberikan contoh bahwa iapun aktif. Bila atasan ingin melihat bawahan disiplin maka atasan harus memberi contoh disiplin. Itulah hukum kepemimpinan. Kepedulian  dan keaktifan atasan harus bisa dilihat oleh bawahan sebagai contoh. Memberi contoh adalah cara mendidik yang paling efektif.
     Menjalankan sistem manajemen mutu enggak usah neko-neko. Beri saja contoh bagaimana menjalankannya maka karyawan pasti mau dan mampu mengikuti apa yang dicontohkan oleh atasan. Pimpinan memang perlu kesabaran. Tetapi sabar ada batasnya. Kalau karyawan sudah tidak bisa dibina ya "binasakan" saja.

Sumber : Buku "101 Kesalahan Konsepsi - Pengembangan dan Implementasi Sistem Manajemen Mutu Standar Internasional ISO 9001" By WIlly Susilo


Info Training ISO 9001, 14001 dan 45001 kunjungi website : www.multikompetensi.com

info training : Training ISO 9001
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Pimpinan tidak memberikan contoh komitmen, semangat dan kepedulian dalam menjalankan sistem manajemen mutu"